Advertisement

Responsive Advertisement

Takut Karena Tak Tahu

Sejak 7 Februari 2023 saya takut membuka Instagram.

Saya tak kuat menahan rasa sedih ketika melihat foto-foto warga terdampak gempa Turki & Suriah.

Salah satu foto yang membuat saya sedih adalah foto ini; seorang anak memeluk adiknya di bawah reruntuhan 💔


sumber : Twitter


Ketika melihat foto ini, saya membayangkan kalau ini adalah anak atau keponakan saya.

Dua hari berikutnya, saya mengingat kata-kata seseorang.
"kamu takut" isi kata-kata itu, "karena kamu tak tahu banyak tentang hal itu."

Saya menarik nafas panjang. Kemudian mengumpulkan keberanian untuk mempelajari informasi gempa turki & suriah.

Saya membuka Twitter. Sebuah tweet lewat di beranda saya. Tweet itu berasal dari seorang Palestina bernama Muhammad Smiry.

"Both Girl" cuit Smiry, "are fine alhamdulillah."

Membaca tweet tersebut, saya bersyukur pada Allah.
Dada saya bergemuruh. Tangis saya hampir pecah.




Sekali lagi, saya tak mengenal anak-anak tersebut. Bahkan saya tak mengetahui namanya.

Namun, saya sayang pada anak-anak itu. Saya berdoa untuk kebaikan semua warga terdampak gempa di Turki & Suriah.

Saya mengusap layar sekali lagi. Hati saya patah untuk kedua kalinya 
💔




Nafas saya terhenti. Gempa Turki & Suriah ternyata separah itu.

Saya tahu bahwa saya sedih. Sangat sedih. Namun, saya harus menerima kenyataan bahwa ini telah terjadi. Semuanya adalah ketetapan Allah Swt yang Maha Rahman dan Maha Adil.Orang-orang Turki & Suriah sana pasti bisa tabah dan bangkit dari musibah ini.

Saya menyangka bahwa mereka bersedih. Padahal bisa jadi sejatinya mereka berbahagia.
Bahagia karena Allah mencatatkan nama mereka sebagai Syahid.


Orang yang mati syahid ada lima, yakni orang yang mati karena tha’un (wabah), orang yang mati karena menderita sakit perut, orang yang mati tenggelam, orang yang mati karena tertimpa reruntuhan dan orang yang mati syahid di jalan Allah.”
(HR. Bukhari no. 2617 dan Muslim no. 3538)


Barangkali Anda ingin membantu saudara-saudara di Turki & Suriah, Ustadz Salim A Fillah sedang membuka donasi ketika tulisan ini dibuat.

Informasinya ada di link ini.


Posting Komentar

0 Komentar